Cool Stuff

BRI TOUCH TIPSSaran dari ahli bagaimana menggunakan Kartu Kredit dengan baik

Cara Pembayaran Kartu Kredit BRI TouchInformasi Pembayaran

Saat ini Kartu Kredit BRI Touch memberikan kemudahan bagi Anda pemegang Kartu Kredit BRI Touch dalam melakukan pembayaran  selain pembayaran melalui ATM BRI, sehingga Anda terhindar dari keterlambatan pembayaran.
Bekerja sama dengan Jaringan ATM Prima dan Jaringan ATM Bersama, Pembayaran tagihan transaksi Kartu Kredit BRI Touch akan sangat mudah, bisa di ATM mana saja dan kapan saja.
Langkah-langkah pembayaran Kartu Kredit BRI Touch

  1. Jaringan ATM BRI

    Jika Anda memiliki rekening Tabungan BRI, Anda dapat melakukan pembayaran melalui ATM BRI dimanapun Anda berada.

    1. Pilih menu Transaksi Lain
    2. Pilih menu Pembayaran
    3. Pilih menu Kartu Kredit/KTA
    4. Pilih menu BRI
    5. Masukkan 16 angka Nomor Kartu Kredit
    6. Pilih Ya, pada menu untuk melanjutkan transaksi
    7. Masukkan jumlah pembayaran yang Anda inginkan
    8. Pilih Ya, pada menu konfirmasi pembayaran
  2. Jaringan ATM Bersama

    Bagi Anda yang merupakan nasabah dari bank lain yang masuk dalam jaringan ATM Bersama, Anda dapat melakukan pembayaran melalui Jaringan ATM Bersama:

    1. Pilih menu Transaksi Lainnya
    2. Pilih menu Transfer/Pemindahan Dana
    3. Pilih menu Kode Bank and 16 angka nomor Kartu Kredit BRI. (kode Bank BRI: 002)
    4. Masukkan jumlah pembayaran yang Anda inginkan
    5. Masukkan nomor referensi Transfer Anda, jika tidak perlu pilih Ya/Benar
    6. Pilih sumber dana pembayaran
    7. Pilih Ya/Benar, pada menu konfirmasi pembayaran

    *Biaya transfer pembayaran sebesar Rp. 5.000,-
    Member ATM Bersama


    1. Artajasa
    2. Bank INA Perdana
    3. Bank Kesawan
    4. Bank Maluku
    5. Bank Swadesi
    6. BPD Jambi
    7. BPD Kalimantan Selatan
    8. ANZ RBS Bank
    9. Bank Agroniaga
    10. Bank Artos Indonesia
    11. Bank Bengkulu
    12. UOB Buana
    13. Bank Bukopin
    14. Bank Bumiputera Indonesia
    15. Bank BPTN
    16. Bank Nusantara Parahyangan
    17. Bank Commonwealth
    18. Bank Danamon
    19. BPD DIY
    20. Bank DKI
    21. Bank Eksekutif Internasional
    22. Bank Ganesha
    23. Bank Saudara
    24. Bank HSBC
    25. Bank Index
    26. Bank Internasional Indonesia
    27. Bank Jabar Banten
    28. Bank Jateng
    29. Bank Jatim
    30. Bank Lampung
    31. Bank Mayapada Internasional
    32. Bank Mandiri
    33. Bank Mega
    34. Bank Mestika
    35. Bank Muamalat Indonesia
    36. Bank Nagari
    37. Bank Negara Indonesia 46
    38. Bank CIMB Niaga
    39. Bank OCBC NISP
    40. Bank Nusa Tenggara Barat
    41. Bank Nusa Tenggara Timur
    42. Bank Panin
    43. Bank Papua
    44. Bank Permata
    45. Bank Rakyat Indonesia
    46. Bank RIAU
    47. Bank Sinarmas
    48. Bank Sumatera Selatan
    49. Bank Sumatera Utara
    50. Bank Syariah Mandiri
    51. Bank Mega Syariah
    52. BPD Aceh
    53. BPD Bali
    54. BPD Kalimantan Barat
    55. BPD Kalimantan Tengah
    56. BPD Kalimantan Timur
    57. BPD Sulawesi Selatan
    58. BPD Sulawesi Utara
    59. BPD Sulawesi Tenggara
    60. BPR KS
    61. Citybank
    62. Standard Chartered Bank
    63. Bank Tabungan Negara
    64. BKE
    65. Bank Sulteng
    66. ANZ Panin Bank
    67. Bank Mutiara
    68. BRI Syariah
    69. Bank Capital
    70. Bank Mayora
  3. Jaringan ATM Prima

    Bagi Anda yang merupakan nasabah dari bank lain yang masuk dalam jaringan ATM Prima, Anda dapat melakukan pembayaran melalui Jaringan ATM Prima:

    1. Pilih menu Transfer
    2. Pilih menu ke Rekening Bank Lain
    3. Masukkan Kode Bank (kode Bank BRI: 002)
    4. Masukkan jumlah pembayaran yang Anda inginkan
    5. Masukkan 16 angka Nomor Kartu Kredit BRI
    6. Pilih Sumber dana pembayaran
    7. Pilih Benar, pada menu konfirmasi pembayaran

    *Biaya transfer pembayaran sebesar Rp. 5.000,-

    Member PRIMA

    1. Bank Central Asia
    2. Bank Rakyat Indonesia
    3. Bank International Indonesia
    4. Bank Permata
    5. Bank OCBC NISP
    6. Bank Mega
    7. Bank Bukopin
    8. Bank Jabar Banten
    9. Bank Sinarmas
    10. Bank UOB Buana
    11. Bank Papua
    12. Bank Sumsel Babel
    13. Bank Ekonomi Raharja
    14. Bank Jatim
    15. Bank Commonwealth
    16. Bank Riau
    17. Bank BRI Syariah
    18. Rabo Bank
    19. Bank Jateng
    20. Bank Mayapada
    21. Bank Artha Graha
    22. Bank BPD Kaltim
    23. Bank Maspion
    24. Bank Nusantara Parahyangan
    25. ANZ-RBS Bank
    26. Bank Eksekutif International
    27. Bank Mega Syariah
    28. Bank Bumi Arta
    29. Bank Of Tokyo-Mitsubishi UFJ
    30. Bank Jasa Jakarta
    31. Bank Muamalat
    32. Bank Victoria
    33. Bank Syariah Mandiri
    34. Bank Royal Indonesia
    35. Bank SBI Indonesia
    36. Bank Windu Kencana

    Informasi Biaya-Biaya Pembayaran
    Berikut ini informasi rinci mengenai biaya yang dikenakan umtuk pembayaran setiap Kartu Kredit BRI Touch:


    Bank

    Melalui

    Biaya Pembayaran

    BRI

    ATM BRI
    Phone Banking BRI
    Teller
    ATM BCA (Prima)
    ATM Bersama

    Gratis
    Gratis
    Rp. 5.000,-
    Rp. 5.000,-
    Rp. 5.000,-

    BCA

    ATM

    Rp. 5.000,-

    Bank Mandiri

    ATM

    Rp. 5.000,-

    Bank Danamon

    ATM

    Rp. 5.000,-

    Bank Niaga

    ATM

    Rp. 5.000,-

    Bank Permata

    ATM

    Rp. 5.000,-

    Bank NISP

    ATM

    Rp. 5.000,-

  4. Transfer Antar Bank

    Untuk Anda yang akan melakukan pembayaran tagihan Kartu Kredit BRI Touch dengan jumlah besar (yang tidak dapat dilakukan melalui ATM), bisa menggunakan transfer antar bank yang ditujukan ke No. Rek 0229 01 000 857 998 – Rekening Titipan Transfer Kartu Kredit BRI, cukup mencantumkan nama dan nomor Kartu Kredit BRI Touch Anda pada kolom berita.

  5. SMS Banking

    SMS Banking adalah layanan yang memungkinkan Anda yang dinamis dan seringkali tak sempat untuk ke ATM atau bank, untuk melakukan transaksi perbankan melalui media SMS. Manfaatkan fasilitas SMS Banking yang mudah, cepat dan hemat waktu untuk melakukan pembayaran Kartu Kredit BRI Touch Anda, dengan cara :

    1. Melakukan registrasi di ATM BRI
      Cara registrasi SMS Banking:
      1. Masukkan kartu ATM
      2. Masukkan PIN ATM
      3. Pilih menu Transaksi Lain
      4. Pilih Registrasi
      5. Pilih Registrasi SMS Banking
      6. Masukkan nomor HP yang Anda gunakan untuk aplikasi ini
      7. Masukkan nomor PIN Anda
      8. Kembali Masukkan nomor PIN Anda
      9. Nasabah menerima struk ATM

      Setelah melakukan registrasi di ATM BRI, maka selanjutnya Anda dapat mendatangi Unit Kerja BRI terdekat untuk mendapatkan aplikasi tersebut.

    2. Pembayaran Kartu Kredit BRI Visa :
      1. Pada SMS Banking bermenu, pilih menu SMS Payment
      2. Kemudian pilih menu K.Kredit/KTA
      3. Kemudian Pilih BRI
      4. Masukkan data :
        1. Nomor Kartu Kredit
        2. Jumlah Pembayaran (Rp)
  6. Internet Banking

    Manfaatkan fasilitas Internet Banking yang semakin memudahkan Anda dalam melakukan setiap pembayaran tagihan kartu kredit Anda.

    Syarat menggunakan layanan Internet Banking BRI :

    1. Merupakan nasabah BRI (BritAma/Simpedes/Giro Berkartu)
    2. Memakai simcard di telepon genggam, yang bekerjasama dengan BRI
    3. Melakukan registrasi non finansial di ATM/Mini ATM BRI dan registrasi finansial di Unit Kerja BRI

    Tempat untuk melakukan Registrasi Internet Banking BRI :

    1. ATM/Mini ATM BRI untuk transaksi non finansial
    2. Unit Kerja BRI untuk transaksi finansial

    Cara Menggunakan Fasilitas Internet Banking BRI :

    Agar bisa menggunakan fasilitas Internet Banking, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara :

    1. Melakukan registrasi di ATM/Mini ATM BRI
      1. Masukkan Kartu ATM dan Nomor PIN ATM
      2. Pilih menu Transaksi Lain
      3. Pilih Registrasi
      4. Pilih Registrasi Internet Banking
      5. Setuju Syarat & Ketentuan
      6. Create PIN/Password IB
      7. Muncul di layar, konfirmasi registrasi dan informasi User ID
      8. Nasabah menerima struk ATM/Mini ATM
    2. Melakukan registrasi Mobile Token (mTOKEN), atau disebut juga Registrasi Finansial, atau Registrasi mTOKEN, dengan cara :
      1. Kunjungi Kantor Cabang BRI atau Kantor Cabang Pembantu BRI
      2. Isi dan tandatangani Formulir Aplikasi Internet Banking dengan menyertakan bukti identitas diri yang sah (KTP, SIM, Paspor, KIMS) dan bukti kepemilikan pemegang rekening
      3. Nomor Token bisa diperoleh dari request mTOKEN dan akan dikirimkan 5 kombinasi token ke nomor telepon genggam Nasabah yang telah didaftarkan
      4. Perubahan password untuk selanjutnya dapat dilakukan oleh Nasabah, kapanpun dengan menggunakan mTOKEN

      Setelah melakukan registrasi di ATM dan Kantor Cabang BRI, maka agar bisa melakukan pembayaran selanjutnya, lakukanlah registrasi Internet Banking BRI dengan cara :

    3. Melakukan registrasi di Internet Banking BRI
      1. Masuk ke https://ib.bri.co.id untuk login ke Internet Banking BRI
      2. Masukkan User ID, Password dan Kode Chapca

        Lanjutkan dengan langkah berikut untuk melakukan pembayaran :

      3. Pilih menu Pembayaran & Pembelian
      4. Pada sub menu Pembayaran tagihan, pilih Kartu Kredit Bank BRI
      5. Isi Nomor Kartu Kredit dan pilih Simpan apabila ingin menyimpan data Kartu Kredit Anda untuk keperluan pembayaran selanjutnya
      6. Pilih Kirim
      7. Akan muncul Rincian pembayaran berupa data :
        1. Nomor Kartu Kredit
        2. Nama Pelanggan
        3. Jumlah Tagihan
        4. Pembayaran Minimum
        5. Tanggal Jatuh Tempo
      8. Pilih Pembayaran penuh, Pembayaran minimum, atau jumlah tertentu lalu pilih Kirim
      9. Akan muncul konfirmasi data, pastikan data yang tertera sudah benar
      10. Isi Password dan Nomor Token Anda lalu pilih Kirim

BRI NEWSBerita seputar kartu kredit BRI Touch

SIMULASI BRINGSimulasi penghitungan cicilan program BRING (Belanja Ringan)

Bunga % Per Bulan
Periode Cicilan Bulan
Harga Barang Rupiah
Cicilan Perbulan Rupiah

FAQPertanyaan dan jawaban seputar Kartu Kredit BRI Touch

Beberapa pertanyaan berikut mungkin Anda jumpai dalam hal pemakaian Kartu Kredit BRI atau Anda bisa hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / 500 017.

  • Bagaimana saya bisa mendapatkan Aplikasi Kartu Kredit BRI ?

    Silakan datang ke unit kerja BRI terdekat dengan lokasi Anda atau menghubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987400 / 500 017

  • Dokumen apa saja yang harus saya lengkapi?

    Selain aplikasi yang sudah diisi dan ditandatangani ditambah dengan identitas diri yang masih berlaku dan bukti penghasilan.

  • Bagaimana cara menaikkan batas limit kredit saya?

    Silakan menghubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400/ 500 017.

  • Bagaimana cara menaikan batas limit kredit sementara?

    Silakan menghubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400/ 500 017.

  • Berapa lama kenaikan batas limit kredit sementara berlaku?

    1-3 bulan.

  • Kapan tanggal pembayaran tagihan untuk kartu saya?
    • Tanggal pembayaran tagihan Kartu Kredit BRI ada di lembar tagihan. Jika belum menerima lembar tagihan, hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / 500 017.
    • Tanggal Jatuh Tempo selalu sama tiap bulannya. Pembayaran minimum harus dilunasi paling lambat pada tanggal jatuh tempo setiap bulan, meskipun nasabah tidak menerima lembar tagihan. Hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / 500 017 atau cek lewat ATM BRI untuk mengetahui jumlah tagihan yang harus dibayar.
  • Kapan saya menerima lembar tagihan?

    Lembar tagihan akan diterima selambat-lambatnya 7 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Jika dalam waktu 5 hari sebelum tanggal jatuh tempo lembar tagihan belum diterima, hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / 500 017 atau cek lewat ATM BRI

  • Apakah tagihan bisa dikirim melalui email ?

    Bisa, Anda dapat mengajukan permohonan pengiriman lembar tagihan melalui email dengan cara mengisi aplikasi permohonan yang telah Anda tandatangani

  • Bagaimana cara mengubah alamat penagihan?

    Dengan cara:

    • Mengisi formulir perubahan alamat penagihan di cabang-cabang Bank BRI.
    • Mengirimkan pemberitahuan perubahan alamat dan data alamat baru Anda ke :

      BRI Card Center, Gedung BRI 1, Lt. 1, JI. Jend. Sudirman Kav. 44-46, Jakarta 10210 atau melalui Fax. (021) 579 32814.

    • Menghubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400/ 500 017, Fax (021) 3850218/3503949/ 3502602.
  • Bagaimana cara membayar tagihan Kartu Kredit ?
    • Dengan melakukan pembayaran Tunai di cabang-cabang BRI
    • Melalui pemindahbukuan di cabang-cabang BRI
    • Melalui ATM BRI, ATM Bersama dan ATM Prima dengan menggunakan menu Pembayaran Kartu Kredit.
    • Phone Banking BRI, dengan hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / 021 500 017.
    • Autodebet, bila memiliki rekening BRItama atau GiroBRI
    • Internet Banking dan SMS Banking BRI, dengan mendaftar dulu di ATM BRI.
    • Kliring, melalui lalu lintas giro atau cek yang ditujukan ke BRI Card Center.
  • Berapa lama waktu yang diperlukan untuk pembukuan pembayaran?
    • Untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank BRI minimum 2 x 24 jam.
    • Untuk pembayaran yang dilakukan melalui ATM BRI minimum 1 x 24 jam.
    • Untuk pembayaran yang dilakukan melalui Bank lain tergantung proses kliring dari Bank Indonesia.
  • Apakah saya bisa memperoleh pencetakan ulang lembar penagihan?

    Bisa. Untuk 3 bulan terakhir lembar penagihan dapat dicetak ulang, sedangkan 4-6 bulan terakhir hanya berupa print out tampilan layar komputer dan tambahan biaya pencetakan ulang. Cara mengajukan:

  • Apa yang harus dilakukan bila terjadi kesalahan di lembar penagihan?

    Ajukan sanggahan atas transaksi tersebut dan kirim melalui faksimili ke BRI Card Center di Fax (021) 3850218/3503949/3502602 atau hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / (021) 500 017
    Sanggahan atas transaksi harus diajukan secara tertulis. Jika tidak ada sanggahan dalam waktu 15 hari sejak tanggal penagihan, seluruh transaksi dianggap benar.
    Berikut ini adalah informasi yang dibutuhkan pada surat sanggahan:

    • Nama dan nomor kartu.
    • Tempat / kota.
    • Rincian transaksi dan jumlah.
    • Tanggal transaksi yang disanggah.
    • Alasan sanggahan.
    • Nama Merchant.
    • Tanda tangan sesuai di kartu.
  • Berapa untuk mengetahui total pemakaian kartu kredit saya?

    Bapak/lbu dapat menanyakan total pemakaian dengan menghubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / (021) 500 017.

  • Mengapa ada pemakaian/transaksi saya yang belum tertera di lembar penagihan?

    Karena merchant belum menagihkan ke Bank

  • Berapa besar pembayaran minimum?

    Pembayaran minimum adalah 10% dari jumlah tagihan setiap bulannya atau Rp. 50.000,- tergantung mana yang lebih besar.

  • Menanyakan informasi transaksi terakhir?

    Dapat ditanyakan melalui Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / (021) 500 017.

  • Kapankah/ apa yang menyebabkan bunga muncul?
    • Transaksi tarik tunai
    • Pembayaran minimum
    • Terlambat pembayaran
    • Overlimit
  • Bagaimana cara penghitungan bunga?

    Bunga dihitung berdasarkan saldo harian.

  • Berapa besar batas pengambilan tunai di ATM?

    Pengambilan tunai di ATM BRI dan ATM Bank lain diseluruh dunia yang berlogo MasterCard dan Visa sebesar 40% dari sisa limit.

  • Apa yang harus diperhatikan sebelum melakukan tarik tunai di ATM?
    • Memastikan kebenaran PIN
    • Melakukan cek saldo sebelum melakukan transaksi.
  • Bagaimana cara untuk mengajukan klaim?

    Anda bisa mengirimkan tagihan terakhir Kartu Kredit BRI Anda, copy KTP, copy surat keterangan kecelakaan atau surat keterangan kematian dari pihak yang berwenang.
    Untuk lebih jelas, hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / (021) 500 017.

  • Di mana Kartu Kredit BRI ini bisa dipakai?

    Anda bisa menggunakannya di semua tempat belanja yang berlogo MasterCard dan Visa.

  • Kenapa Kartu Kredit BRI saya ditolak di merchant?

    Kemungkinan penyebabnya:

    • Sistem/jaringan mengalami gangguan.
    • Anda belum melakukan pembayaran.
    • Untuk lebih jelasnya silakan hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / (021) 500 017.
  • Saya sudah terima kartu, tapi nama yang tercetak salah, bagaimana caranya agar saya dapat menerima kartu dengan nama yang benar ?

    Kembalikan Kartu Kredit BRI Anda dalam keadaan terpotong ke BRI Card Center, Gedung BRI 1, Lt. 1, JI. Jend. Sudirman Kav. 44-46, Jakarta 10210
    Kartu pengganti akan Anda terima selambat-lambatnya 10 hari kerja setelah tanggal permintaan/tanggal lapor.

  • Transaksi saya beberapa kali (terus-menerus) ditolak, informasi dari kasir Kartu saya rusak. Apa yang harus saya lakukan?

    Segera hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / (021) 500 017.

  • Bagaimana prosedur bila saya akan keluar negeri?

    Anda dapat menghubungi Call BRI di 14017 atau (021) 579 87 400 / (021)500 017 untuk melakukan konfirmasi perjalanan Anda.

  • Kenapa waktu saya pakai Kartu ini di beberapa merchant tertentu transaksi saya dikenakan biaya 3%?

    Menurut peraturan dari MasterCard dan Visa, hal ini tidak semestinya terjadi. Biaya tambahan tersebut adalah peraturan yang dibuat oleh merchant sendiri. Anda bisa meminta merchant yang bersangkutan untuk mencantumkan 3% biaya pada slip transaksi yang Anda tandatangani sebagai bukti untuk mengajukan klaim.

  • Saya kehilangan Kartu, apa yang harus saya lakukan?

    Secepatnya hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400/ (021) 500 017. Transaksi yang terjadi sebelum dilaporkan adalah tanggung jawab Pemegang Kartu.

  • Kartu saya belum ditemukan. Bisakah diblokir sementara?

    Bisa. Secepatnya Anda hubungi Call BRI di 14017 atau (021) 57 987 400 / (021) 500 017.